aktivitas manajemen perkantoran
MANAJEMEN PERKANTORAN DAN PERUMUSAN PENGORGANISASIAN
Pengertian dan Batasan
Manajemen bukan saja dapat dianggap sebagai suatu jenis ilmu, tetapi juga aktivitas (kegiatan). Sebagai suatu ilmu dan aktivitas, manajemen mempunyai sifat yang unik. Artinya, identitas manajemen berbeda dari ilmu dan aktivitas lainnya.
Fungsi Manajemen :
- Perencanaan
- Pengorganisasian
- Pengkoordinasian
- Pengawasan
ELEMEN MANAJEMEN
1. Man
2. Money
3. Material
4. Market
5. Machine
6. Method (Metode)
ILMU MANAJEMEN
- Manajemen Produksi
- Manajemen Personalia
- Manajemen Marketing
- Manajemen Keuangan
- Manajemen Kantor
- Manajemen kantor dapat ditinjau dari dua sudut penglihatan yang berbeda, yaitu dari sudut manajemen dan dari sudut sasaran.
- Dari sudut manajemen, manajemen kantor merupakan kegiatan untuk merencanakan, mengorganisasikan, mengarahkan, mengendalikan, mengoordinasikan, mengawasi, mengurus, menyempurnakan dan menertibkan ketatausahaan kantor.
- Dari sudut sasaran, manajemen kantor merupakan segala kegiatan penataan yang ditujukan kepada segala hal yang berhubungan dengan pelaksanaan tatausaha dalam sistim perkantoran untuk mencapai sasaran organisasi.
PROSES
- Pengorganisasian Kantor
- Kegiatan Personalia Tata Usaha
- Pengkoordinasian
- Pengawasan Kantor
- Menurut William Leffingwell & Edwin Robinson, Manajemen Perkantoran dapat didefinisikan sebagai perencanaan, pengendalian, dan pengorganisasian pekerjaan perkantoran, serta penggerakkan mereka yang melaksanakannya agar mencapai tujuan-tujuan yang telah ditentukan lebih dahulu
- Dengan demikian, pada pokoknya Manajemen Perkantoran merupakan rangkaian aktivitas merencanakan, mengorganisasi (mengatur dan menyusun), mengarahkan (memberikan arah dan petunjuk), mengawasi dan mengendalikan (melakukan kontrol) sampai menyelenggarakan secara tertib sesuai tujuan mengenai sesuatu hal atau kegiatan.
Hal atau sasaran yang terkena oleh rangkaian kegiatan itu pada umumnya ialah pekerjaan perkantoran ( office work).
Yang termasuk pekerjaan perkantoran diantaranya:
a. mengetik ( typing)
b. menghitung ( calculating)
c. memeriksa ( checking)
d. menyimpan warkat/arsip ( filing)
e. menelepon ( telephoning)
f. menggandakan ( duplicating)
g. mengirim surat ( mailing)
h. dan kegiatan lain.
No comments yet.
-
Archives
- May 2011 (2)
- April 2011 (1)
- March 2011 (1)
- November 2010 (1)
- October 2010 (1)
- April 2010 (2)
- November 2009 (6)
- May 2009 (2)
- April 2009 (5)
- March 2009 (1)
- February 2009 (1)
-
Categories
-
RSS
Entries RSS
Comments RSS
Leave a comment